TV LOKAL ANTARA INVESTASI DAN FRUSTASI

TV LOKAL SAAT INI BERTUMBUH CUKUP SIGNIFIKAN DARI AWAL 2000 HINGGA 2011 DALAM KURUN WAKTU 10 TAHUN PERTUMBUHANNYA MENCAPAI HINGGA LEBIH DARI 100%.
TAHUN 2004 JUMLAH TV LOKAL BERADA PADA ANGKA 50 STASIUN. SAAT INI TV LOKAL MENEMBUS ANGKA 150 TV LOKAL. JUMLAH INI MASIH TERUS BERKEMBANG SEIRING REGULASI DARI PEMERINTAH YANG MEMBERIKAN KESEMPATAN UNTUK DAERAH TERUS BERKEMBANG. MERUJUK DATA DARI KPI JAWA TIMUR, KINI PROVINSI TERSEBUT TERCATAT SEBAGAI PROVINSI TERBANYAK JUMLAH TVLOKALNYA, YAITU SEBANYAK 40 TV LOKAL.

PERTUMBUHAN TVLOKAL DIBERBAGAI DAERAH INI SEBAGAI IMBAS PEREKONOMIAN INDONESIA YANG SEMAKIN BAIK, SEHINGGA BELANJA IKLAN DARI TAHUN KE TAHUN TERUS BERTAMBAH.

BELANJA IKLAN INDONESIA PADA SEMESTER I 2010 MENCAPAI RP 28,5 TRILIUN NAIK 29% DIBANDING PERIODE YANG SAMA 2009 YANG SEBESAR RP 22 TRILIUN. NAMUN, ITU MERUPAKAN ANGKA GROSS RATE CARD. JADI, TIDAK MEMPERHITUNGKAN BONUS, DISKON, DAN PAKET PENJUALAN LAINNYA. DARI ANGKA RP 28,5 TRILIUN INI TV MENYUMBANG 62%, SURAT KABAR 35% DAN TABLOID /MAJALAH HANYA 3%.

DARI JUMLAH BELANJA IKLAN YANG TERUS MENGALAMI KENAIKAN INILAH YANG MERANGSANG INVESTOR LOKAL TERTARIK UNTUK TERJUN DALAM DUNIA PERTELEVISIAN LOKAL – TV LOKAL.

NAMUN PENGELOLAAN TVLOKAL TIDAKLAH MUDAH, SEMUDAH MEMBALIKKAN TELAPAK TANGAN. BANYAK TVLOKAL JUSTRU FRUSTASI DAN TIDAK BISA BANGKIT DARI KRISIS FINANSIAL DISEBABKAN SULITNYA MEMPEROLEH IKLAN.
PERSAINGAN ANTAR TVLOKAL BAHKAN MENARIK PERHATIAN TV NASIONAL YANG JUGA TERJUN DALAM BISNIS JARINGAN TV LOKAL.

UNTUK ITU PERLU PROFESIONAL YANG BERPENGALAMAN MULAI DARI KONSEP, SETUP HINGGA OPERASIONAL TV LOKAL AGAR MAMPU SURVIVE BAHKAN EKSIS.

Perihal hardyminhardkindangen
Simple and creative

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s