TV LOKAL – LUPAKAN TVC (IKLAN)

MUNGKIN INI ADALAH PERNYATAAN PALING GILA! TV LOKAL DISURUH UNTUK MELUPAKAN TVC (IKLAN TV). SEMENTARA HIDUP MATINYA TV LOKAL BERANGKAT DARI PENDAPATAN IKLAN TV/TVC ITU SENDIRI.

NAMUN INILAH KENYATAAN. BANYAK TV LOKAL HIDUP SEGAN MATIPUN TAK MAU. MEREKA FRUSTRASI BAHKAN “BUNUH DIRI” (ISTILAH UNTUK TVLOKAL YANG TERPAKSA MENJUAL ASETNYA KE JARINGAN TV NASIONAL ATAU INVESTOR LAIN).

PERSAINGAN DIBISNIS TEKNOLOGI INFORMASI INI TERNYATA MEMAKAN KORBAN. BANYAK TVLOKAL TIDAK SABAR MENUNGGU REGULASI JARINGAN TV DIBERLAKUKAN SECARA UTUH OLEH PEMERINTAH.  TERKATUNG-KATUNGNYA PEMBERLAKUAN REGULASI TERSEBUT YANG HARUSNYA DITERAPKAN PADA AKHIR 2008 MEMBUAT OLENG SEBAGIAN ‘KAPAL’ TVLOKAL. MEREKA TIDAK KUAT DENGAN TINGGINYA  OPERASIONAL COST YANG HARUS DIKELUARKAN SETIAP BULANNYA YANG TERUS MEMBENGKAK.

SAYA SENDIRI BANYAK MENERIMA EMAIL DAN TELPON DARI BEBERAPA SAHABAT TVLOKAL YANG MEMINTA SOLUSI ATAS PERSOALAN TERSEBUT DIATAS.

NAMUN SETELAH DITELAAH TERNYATA MEREKA MEMILIKI KONSEP YANG SAMA DENGAN TVLOKAL DAN TVNASIONAL UMUM LAINNYA. KEJAR TVC!

IRONIS MEMANG, TAPI INILAH RIMBA YANG NYATA. BAHKAN KETIKA SAYA BERTEMU DAN BERBINCANG DENGAN DIREKTUR ASOSIASI TV LOKAL INDONESIA (ATVLI) BPK. JIMMY SILALAHI, BELIAU MENGATAKAN TVLOKAL SEKARANG SEDANG BENAR-BENAR DIUJI. APAKAH MAMPU BERTAHAN ATAU TERKENA JUGA IMBAS DARI FRUSTASI. BUKAN CUMA ITU TV NASIONAL PUN SEKARANG JUGA MEGAP-MEGAP SEPERTI SEORANG YANG TIDAK TAHU BERENANG DAN DILEPAS DILAUTAN BEBAS. FAKTA YANG TERJADI DI TAHUN 2010 BAHWA SALAH SATU TVLOKAL (TERBAIK) DI KOTA SEMARANG BAHKAN HARUS “BUNUH DIRI” ATAU DIJUAL ASETNYA KEPADA INVESTOR LAIN.

TIDAK CUMA ITU BEBERAPA KALI SAYA JUGA MENDAPAT INFORMASI TVLOKAL DI DAERAH BEKASI, SUKABUMI, BAHKAN DI MANADO (SALAH SATU TVLOKAL NOMINASI TERBAIK VERSI CAKRAM AWARD) JUGA MENAWARKAN UNTUK DIJUAL KEPADA INVESTOR LAIN.

KEMBALI LAGI PADA KONSEP KEJAR TVC. KEBANYAKAN TV LOKAL MENUNGGU REGULASI TV JARINGAN TERSEBUT DIBERLAKUKAN SEHINGGA BERHARAP DENGAN MUDAHNYA MENDAPATKAN TVC NASIONAL. NAMUN MINDSET SEPERTI ITU JUSTRU MENYENGSARAKAN TVLOKAL. KARENA KENYATAANNYA TVLOKAL BUKANLAH TVNASIONAL DENGAN SKALA INVESTASI YANG BESAR BISA MENCAKUP COVERAGE AREA DISELURUH NUSANTARA. TVLOKAL DENGAN INVESTASI YANG MINIM TENTU SULIT UNTUK BERSAING DALAM SEGALA HAL DENGAN TVNASIONAL. KARENA ITU MINDSET KEJAR TVC HARUS DILUPAKAN.

COBALAH DENGAN MINDSET KELOKALAN. TV LOKAL HARUS MAXIMAL MENGGARAP POTENSI LOKAL. CARANYA BAGAIMANA? STRATEGINYA SEPERTI APA? APA SAJA POTENSI LOKAL YANG BISA DIGARAP? HAL INI HANYA BISA SAYA PAPARKAN DALAM PRESENTASI. UNTUK ITU HUBUNGI 085291569777. SAYA BERSEDIA MEMPRESENTASIKAN MINDSET LUPAKAN TVC, MAXIMALKAN POTENSI LOKAL, TVLOKAL HARUS EKSIS DARI POTENSI LOKAL DAN BUKAN TVC NASIONAL. HAL INI SUDAH SAYA TERAPKAN PADA TV YANG SEMENTARA INI SAYA BERNAUNG SEBAGAI BUSINESS DEVELOPMENT DI TV TERSEBUT.

Perihal hardyminhardkindangen
Simple and creative

One Response to TV LOKAL – LUPAKAN TVC (IKLAN)

  1. Muhammad Hasan mengatakan:

    Cukup menarik paparannya. Saya mengaharapkan kita bisa duduk bersama untuk membuat TV lokal di daerah Banten dan sekitarnya. Salam muhammad Hasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s